Fascination About pembagian harta gono gini

Wiki Article

Untuk bisa mengajukan gugatan harta gono gini, ada beberapa syarat yang perlu Anda berikan atau penuhi sebagai berikut:

Temukan definisi istilah-istilah hukum secara free of charge dan tepercaya dari peraturan perundang-undangan

Pembagian dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti membagi harta secara proporsional berdasarkan nilai atau dengan mengalokasikan harta tertentu kepada masing-masing pihak.

Setiap pernikahan tentunya menginginkan hubungan yang langgeng. Meski begitu, tak bisa dipungkiri bahwa pernikahan juga bisa berujung perceraian atau perpisahan. Pada saat perceraian terjadi, biasanya ada perkara lain yang dipermasalahkan oleh salah satu pihak terkait.

Berdasarkan KBBI, gana-gini atau yang kerap dikenal dengan sebutan harta gono-gini adalah harta yang berhasil dikumpulkan selama berumah tangga sehingga menjadi hak berdua suami dan istri.

Perselingkuhan yang menyebabkan zina atau pertengkaran dalam rumah tangga dengan terus menerus memang bisa digunakan sebagai alasan dalam perceraian. Akan tetapi, di Indonesia sendiri tidak ada aturan bahwa perselingkuhan menyebabkan gugurnya harta gono gini.

Gugatan terhadap pembagian harta bersama ini diajukan ke Pengadilan Agama di wilayah tergugat tinggal bagi yang beragama Islam dan Pengadilan Negeri di wilayah tergugat tinggal bagi non-muslim.

Syariat tidak membagi harta gono-gini ini dengan bagian masing-masing secara pasti, misalnya istri 50% dan suami fifty%. Sebab, tidak ada nash yang mewajibkan demikian –setahu kami- baik dari Alquran maupun sunah. Namun pembagiannya bisa ditinjau dari beberapa kemungkinan:

Oleh karena itu, pada saat mantan istri pertama meninggal, maka hak more info waris terhadap sebagian rumah tersebut jatuh kepada anaknya atau kakak tiri Anda [pasal 174 KHI]. Jadi, dapat disimpulkan bahwa sebagian hak dari rumah tersebut dimiliki oleh ayah Anda dan sebagian lagi dimiliki oleh kakak tiri Anda.

Dalam hal ini Pemberi kuasa tunduk dan memilih domisili hukum pada kantor hukum sebagaimana tersebut di atas. Selanjutnya Penerima kuasa secara bersama sama dan atau secara sendiri sendiri bertindak :

Pewarisan timbul karena kematian dan terdapat ketentuan mengenai pembagian harta warisan dan orang-orang yang berhak untuk mewaris. Telah dijelaskan bahwa pada saat ayah Anda menikah dengan ibu Anda, status rumah tersebut merupakan harta bawaan dari ayah Anda. pembagian harta gono gini Harta bawaan akan menjadi bagian dari harta warisan dan berhak diwarisi oleh para ahli waris. Sehingga apabila hanya berbicara mengenai konteks pembagian rumah, maka rumah tersebut dapat diwarisi kepada para ahli warisnya.

“ hutang-hutang yang terjadi pada saat perkawinan/ selama perkawinan adalah tanggungjawab bersama suami isteri.”

Menurut KBBI, gana-gini atau yang kerap dikenal dengan sebutan harta gono-gini adalah harta yang dikumpulkan selama berumah tangga sehingga menjadi hak berdua suami dan istri.

On line Study course Platform belajar hukum terbaik secara online dan fleksibel dengan materi dan pengajar yang berkualitas, serta kemudahan waktu belajar.

Report this wiki page